SKEMA SERTIFIKASI OKUPASI YANG DIUJIKAN DI TUK LSP PMI – UDD KOTA PADANG
No | Skema Sertifikasi Okupasi |
1 | Ahli Madya Pengelolaan Darah |
2 | Supervisor Pratama Rekruitmen Donor |
3 | Teknisi Pratama Distirbusi Darah |
4 | Teknisi Pratama Pemeriksaan Pra Transfusi |
5 | Teknisi Pratama Pengambilan Darah |
6 | Teknisi Pratama Pengolahan Darah |
7 | Teknisi Pratama Pengendalian Mutu |
8 | Teknisi Pratama Pengujian Darah |
Jalan Arumsari RT.11/RW 02, Sambiroto, Kota Semarang – 50276 | Provinsi Jawa Tengah
Peran dan kualitas penggiat kemanusiaan semakin menjadi tuntutan masyarakat penerima manfaat untuk selalu memberikan pelayanan terbaiknya. Kejadian bencana alam maupun krisis kesehatan apalagi di tahun 2020 pandemi covid-19 hingga kini masih melanda seluruh dunia. Terdapat 357 kejadian banjir, 200 kejadian puting beliung, dan 156 kejadian tanah longsor yang terjadi sepanjang 2021 hingga 15 Maret 2021 (BNPB: 2021). Belum lagi situasi pandemik covid-19 membuat setiap penanganan bencana perlu mematuhi protokol kesehatan.
Organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) setelah diperkuat azas legalitasnya dengan Undang-Undang No. 1 Tahun 2018 Tentang Kepalangmerahan dan turunan teknis dalam Peraturan Pemerintah No. 7 tahun 2019, tugas PMI semakin kuat dan dibutuhkan negara ini. Khususnya pada poin tugas PMI c dan d, Melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan yang Berkaitan dengan Kepalangmerahan dan Melakukan Pembinaan Relawan. Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten, berkarakter Kepalangmerahan dibutuhkan sebuah lembaga guna menjamin ketersediaan dan kualifikasi tersebut.
Ketua Umum PMI, M. Jusuf Kalla mendukung hal tersebut dengan mendirikan sebuah lembaga sertifikasi yang independen guna memberikan pengakuan dan memelihara kompetensi personel PMI dan penggiat kemanusian lainnya dalam sertifikasi kompetensi. Lembaga Sertifikasi Profesi – Palang Merah Indonesia (LSP-PMI) secara nasional disahkan pada 01 Maret 2021 di Jawa Tengah, merupakan LSP pihak kedua yang bertujuan mensertifikasi kompetensi personel PMI dan pemangku kepentingan dalam lingkup kerja kemanusiaan di seluruh Indonesia.
LSP – PMI secara independen menyusun rencana strategis selama 5 (lima) tahun ke depan menggunakan dasar hukum organisasi PMI, pembelajaran baik penanganan bencana alam dan krisis kesehatan dan kebutuhan terkini akan pelayanan kemanusiaan yang terbaik. Hasil Rencana Strategis Lembaga Sertifikasi Profesi – Palang Merah Indonesia periode tahun 2021 – 2025 menjadi pedoman bagi seluruh komponen LSP-PMI untuk dilaksanakan dan menjadi arah tujuan lembaga sertifikasi terdepan.
Ketua LSP-PMI,
Drs. Goenawan Permadi, MA
Kegiatan kemanusiaan di Indonesia menjadi bidang yang saat ini semua pihak dapat lakukan sebagai instansi, organisasi, lembaga masyarakat, perorangan, komunitas ataupun personal yang menaruh perhatian atas situasi/kondisi seseorang atau masyarakat yang memerlukan bantuan atas kejadian yang menimpanya. Pada umumnya kegiatan kemanusiaan terkait dengan kejadian yang menimpa dikarenakan bencana yang disebabkan alam. Terbitnya Undang-Undang Tentang Penanggulangan Bencana pada tahun 2014 menandakan keseriusan Pemerintah melindungi warga negara atas kejadian bencana yang terjadi.
Wadah organisasi yang menangani bidang bencana, kesehatan dan lainnya guna membantu sesama manusia semakin banyak. Oleh karenanya perlu standard kompetensi pelaksana pelayanan kemanusiaan yang menjadi acuan bersama seluruh pihak. Sumber Daya Manusia yang terlatih dan kompeten menjamin pemberian pelayanan kemanusiaan adalah yang terbaik, bermartabat dan memberdayakan.
Sertifikasi bidang layanan kemanusiaan bagi seluruh penggiat kemanusiaan di Indonesia sangatlah penting, menjamin standard kompetensi yang dimiliki individu-individu dapat dipertanggungjawabkan dan berkualitas terbaik.
VISI : Sumber Daya Manusia (SDM) yang UNGGUL, KOMP ETEN, BERKARAKTER dalam layanan kemanusiaan mengacu pada prinsip-prinsip dasar Kepalangmerahan dan Core Humanitarian Standard”
MISI :
Fokus LSP-PMI adalah pengembangan sumber daya manusia yang kompeten dalam logo LSP-PMI. Untuk tujuan tersebut dan guna mencapai misi-misi organisasi, LSP-PMI menetapkan beberapa rencana strategis dalam dokumen Rencana Strategis Tahun 2021 – 2025 yaitu:
Tujuan strategis perlu dicapai dan diukur secara obyektif, maka perlu diturunakan secara teknis ke dalam kegiatan-kegiatan kunci untuk dapat diukur keberhasilan dan hambatan dalam pelaksanaan program. Berikut adalah kegiatan kunci untuk mencapai tujuan strategis :
NO | KEGIATAN KUNCI TAHUN 2021-2025 | TARGET KINERJA |
1 | Konsolidasi, komunikasi dengan PMI Pusat, BNSP, serta pemangku kepentingan lain | 100% |
2 | Pertemuan koordinasi internal LSP-PMI, LSP Cabang dan Tempat Uji Kompetensi (TUK) | 100% |
3 | Pengembangan database dan promosi sertifikasi menggunakan web LSP-PMI | 100% |
4 | Pelaksanaan pelatihan, lokakarya untuk meningkatkan kompetensi SDM LSP-PMI internal, asesor, pelaksana TUK di daerah | 100% |
5 | Penyediaan sarana prasarana pelaksanaan uji kompetensi yang memadai dan terstandard di seluruh wilayah Indonesia | 100% |
6 | Pelaksanaan uji kompetensi menggunakan web | 100% |
7 | Pelaksanaan monitoring dan evaluasi perangkat skema sertifikasi dan uji kompetensi menggunakan system manajemen mutu yang terjaga validitasnya | 100% |
8 | Mengembangkan skema-skema sertifikasi baru yang muncul atas kebutuhan pada layanan kemanusiaan | 100% |
9 | Pengadaan staf internal LSP-PMI, perangkat kantor, alat peraga dan sarana fasilitas mendukung pelaksanaan uji kompetensi | 100% |
NO | SEKTOR | OKUPASI | |
1 | 1 | Penanggulangan Bencana : Penanganan Darurat | Manajer Madya Penanganan Darurat Bencana dan Krisis kesehatan |
2 | 2 | Manajer Pratama Penanganan Darurat Bencana dan Krisis kesehatan | |
3 | 3 | Koordinator Utama Pengkajian Cepat Dampak Bencana dan Krisis kesehatan | |
4 | 4 | Pelaksana Utama Pengkajian Cepat Dampak Bencana dan Krisis kesehatan | |
5 | 5 | Koordinator Utama Pencarian, Pertolongan Dan Evakuasi | |
6 | 6 | Pelaksana Utama Pencarian, Pertolongan Dan Evakuasi | |
7 | 7 | Manajer Madya Menejemen Hunian Darurat/Shelter | |
8 | 8 | Koordinator Utama Menejemen Hunian Darurat/Shelter | |
9 | 9 | Koordinator Utama Pendistribusian Bantuan | |
10 | 10 | Manajer Pratama Pendistribusian Bantuan | |
11 | 1 | Penanggulangan Bencana : Pengurangan Risiko Bencana | Supervisor Utama Pengkajian Risiko Bencana dan Krisis Kesehatan Berbasis Masyarakat |
12 | 2 | Ahli Pratama Pengkajian Risiko Bencana dan Krisis Kesehatan Berbasis Masyarakat | |
13 |
3 | Pelaksana Utama Pengkajian Risiko Bencana dan Krisis Kesehatan Berbasis Masyarakat | |
14 |
4 | Supervisor Utama Perencanaan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana dan Krisis Kesehatan Berbasis Masyarakat | |
15 |
5 | Ahli Pratama Perencanaan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana dan Krisis Kesehatan Berbasis Masyarakat | |
16 |
6 | Pelaksana Utama Perencanaan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana dan Krisis Kesehatan Berbasis Masyarakat | |
17 |
7 | Ahli Pratama Promosi Pengurangan Risiko Bencana dan Pengelolaan Risiko Terpadu | |
18 |
8 | Supervisor Utama Promosi Promosi Pengurangan Risiko Bencana dan Pengelolaan Risiko Terpadu | |
19 |
9 | Pelaksana Utama Promosi Promosi Pengurangan Risiko Bencana dan Pengelolaan Risiko Terpadu | |
20 |
10 | Manajer Pratama Pemberdayaan Masyarakat Tangguh Bencana dan Krisis Kesehatan | |
21 |
11 | Koordinator Utama Pemberdayaan Masyarakat Tangguh Bencana dan Krisis Kesehatan | |
22 |
12 | Pelaksana Utama Pemberdayaan Masyarakat Tangguh Bencana dan Krisis Kesehatan | |
23 |
13 | Manajer Pratama Pemberdayaan Satuan Pendidikan Aman Bencana | |
24 |
14 | Koordinator Utama Pemberdayaan Satuan Pendidikan Aman Bencana | |
25 |
15 | Pelaksana Utama Pemberdayaan Satuan Pendidikan Aman Bencana | |
26 |
1 | Krisis Kesehatan | Koordinator Utama Promosi Kesehatan |
27 |
2 | Pelaksana Utama Promosi Kesehatan | |
28 |
3 | Koordinator Utama Pertolongan Pertama | |
29 |
4 | Pelaksana Utama Pertolongan Pertama | |
30 |
5 | Koordinator Utama Pelayanan Ambulans | |
31 |
6 | Pelaksana Utama Pelayanan Ambulans | |
32 |
7 | Supervisor Utama K3 Layanan Kemanusiaan | |
33 |
8 | Pelaksana Utama K3 Layanan Kemanusiaan | |
34 |
9 | Koordinator Utama Dukungan Psikososial | |
35 |
10 | Pelaksana Utama Dukungan Psikososial | |
36 |
1 | Pelayanan Darah | Ahli Madya Pengelolaan Darah |
37 |
2 | Supervisor Pratama Rekruitmen Donor | |
38 |
3 | Teknisi Pratama Distribusi Darah | |
39 |
4 | Teknisi Pratama Pemeriksaan Pra Transfusi Darah | |
40 |
5 | Teknisi Pratama Pengambilan darah | |
41 |
6 | Teknisi Pratama Pengolahan Darah | |
42 |
7 | Teknisi Pratama Pengendalian Mutu | |
43 |
8 |
Teknisi Pratama Pengujian darah | |
44 |
1 |
Standarisasi, Pelatihan Kerja dan Sertifikasi | Junior Trainer |
45 |
2 |
Trainer | |
46 |
3 |
Senior Trainer | |
47 |
4 |
Master Trainer |