Semarang, 27 Desember 2021 – Palang Merah Indonesia membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi Palang Merah Indonesia (LSP-PMI) sebagai bagian dari komitmen untuk menjalankan proses transformasi dan modernisasi organisasi.  Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said yang juga sekaligus Ketua Dewan Pengarah LSP PMI saat kegiatan verifikasi dan lisensi oleh BNSP di Sekretariat LSP PMI, Senin (27/12/2021).

 

“Keberadaan LSP PMI sangat dinantikan oleh para relawan kemanusiaan dan masyarakat yang memerlukan layanan kemanusiaan. Karenanya, Kegiatan full assessment dan lisensi adalah acara yang sangat penting bagi eksistensi LSP PMI agar nantinya bisa menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sesuai yang diamanahkan dalam Peraturan Perundangan yang berlaku. Walaupun terhambat dengan pandemi Covid19, namun kami merasa proses menuju lisensi ini termasuk sangat cepat. Ini semua berkat bimbingan dan pembinaan dari Deputi Ka BNSP Bapak Aziz Miftakhul dan staff BNSP  serta BKSP Jawa Tengah yang sejak awal sangat support mendorong percepatan Lisensi LSP PMI”, pungkasnya.

Lebih lanjut Sudirman Said menyatakan: “Kejadian  bencana dan pandemi yang terus meningkat baik jumlah dan dampak yang ditimbulkan, harus mendorong semua pihak untuk bergotong royong melakukan kesiapsiagaan yang terbaik. Termasuk diantaranya pembangunan SDM yang pembangunan Sumber Daya Manusia Layanan Kemanusiaan yang unggul, berkarakter, profesional dan kompeten. PMI siap menjadi garda terdepan dalam mengawal tugas mulia ini. Apalagi pemerintah telah menerbitkan Undang Undang dan Peraturan Pemerintah terkait dengan Kepalangmerahan. Dibentuknya lembaga Sertifikasi Profesi PMI ini adalah dalam upaya mendorong sumber daya manusia layanan kemanusiaan yang kompeten dan tersertifikasi,”.

 

Lebih jauh Sudirman Said menjelaskan, kesiapan PMI menjadi LSP ini telah dibuktikan dengan mengawal pemenuhan beberapa persyaratan persyaratan administrasi dan manajemen organisasi sesuai pedoman BNSP Nomor 201 Tahun 2014. LSP PMI saat ini telah memiliki 70 Tenaga Asesor, 11 Tempat Uji Kompetensi telah di veridikasi dan disahkan, 47 Skema Sertifikasi dan telah diverifikasi BNSP, 47 perangkat Mata Uji Kompetensi telah disusun dan diujicobakan mencakup paket observasi maupun Porto Polio.

Sementara itu, Deputi Badan Nasional Sertifikasi Profesi Miftakhul Azis menyatakan, “ BNSP sangat mendukung PMI sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi karena keberadaan PMI sangat diperlukan. Sebagai mantan Sekretaris Palang Merah Remaja, saya sangat memahami betapa lembaga kemanusiaan seperti PMI ini sangat diperlukan. Urusan kemanusiaan adalah urusan mulia dan harus diberikan prioritas tinggi. PMI Bisa menjadi garda terdepan membantu pemerintah untuk memastikan kompetensi para pelaku layanan kemanusiaan”.

Lebih lanjut Miftakhul Azis menegaskan bahwa setiap relawan punya hak untuk mendapatkan pengakuan dari negara dalam bentuk sertifikat kompetensi. Pengakuan kompetensi melalui sistem sertifikasi kompetensi nasional ini akan menambah semangat relawan kemanusiaan dan tenaga kepalangmerahan bekerja lebih baik lagi. Pada skala nasional LSP PMI ini akan menjadi pilar utama untuk memastikan ketelusuran kegiatan layanan kemanusiaan, penanganan bencana, krisis kesehatan dan pandemi seperti covid 19 ini ditangani oleh personal yang kompeten dan tersertifikasi. Sudah selayaknya negara memberikan apresiasi penghargaan dan pengakuan tertinggi pada relawan ini dengan sertifikasi profesi.

Jalannya verifikasi yang melibatkan 3 personal BNSP yang dilead langsung oleh Deputi Ka BNSP ini telah didahului oleh proses konsultasi dan pemeriksaan dokumen. Hasil verifikasi di temukan 5 temuan mayor terkait dengan kelengkapan dokumen Surat Keputusan dan 2 temuan minor. Pada akhir sessi, Mihtakhul Azis menyampaikan telaah hasil temuan dan memberikan waktu kepada LSP PMI untuk memperbaiki dokumen dimaksud selambatnya tanggal 27 Januari 2022.

Mengakhiri acara penutupan verifikasi, Sekjen PMI Sudirman Said, menyampaikan terima kasih kepada BNSP, BKSP, dan Palang Merah Amerika yang selama ini terus konsisten memberikan dukungan teknis dan non teknisnya. Kami juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PMI Jawa Tengah yang telah bersedia bergotongroyong dengan PMI Pusat dalam membangun Lembaga Sertifikasi Profesi PMI. Semoga LSP PMI akan mampu menjadi salah satu pilar PMI dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkarakter, Unggul, Profesional dan Kompeten. (Arifin Muh Hadi)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

one × five =

PENGANTAR

Peran dan kualitas penggiat kemanusiaan semakin menjadi tuntutan masyarakat penerima manfaat untuk selalu memberikan pelayanan terbaiknya. Kejadian bencana alam maupun krisis kesehatan apalagi di tahun 2020 pandemi covid-19 hingga kini masih melanda seluruh dunia. Terdapat 357 kejadian banjir, 200 kejadian puting beliung, dan 156 kejadian tanah longsor yang terjadi sepanjang 2021 hingga 15 Maret 2021 (BNPB: 2021). Belum lagi situasi pandemik covid-19 membuat setiap penanganan bencana perlu mematuhi protokol kesehatan.

Organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) setelah diperkuat azas legalitasnya dengan Undang-Undang No. 1 Tahun 2018 Tentang Kepalangmerahan dan turunan teknis dalam Peraturan Pemerintah No. 7 tahun 2019, tugas PMI semakin kuat dan dibutuhkan negara ini. Khususnya pada poin tugas PMI c dan d, Melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan yang Berkaitan dengan Kepalangmerahan dan Melakukan Pembinaan Relawan. Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten, berkarakter Kepalangmerahan dibutuhkan sebuah lembaga guna menjamin ketersediaan dan kualifikasi tersebut.

Ketua Umum PMI, M. Jusuf Kalla mendukung hal tersebut dengan mendirikan sebuah lembaga sertifikasi yang independen guna memberikan pengakuan dan memelihara kompetensi personel PMI dan penggiat kemanusian lainnya dalam sertifikasi kompetensi. Lembaga Sertifikasi Profesi – Palang Merah Indonesia (LSP-PMI) secara nasional disahkan pada 01 Maret 2021 di Jawa Tengah, merupakan LSP pihak kedua yang bertujuan mensertifikasi kompetensi personel PMI dan pemangku kepentingan dalam lingkup kerja kemanusiaan di seluruh Indonesia.

LSP – PMI secara independen menyusun rencana strategis selama 5 (lima) tahun ke  depan menggunakan dasar hukum organisasi PMI, pembelajaran baik penanganan bencana alam dan krisis kesehatan dan kebutuhan terkini akan pelayanan kemanusiaan yang terbaik. Hasil Rencana Strategis Lembaga Sertifikasi Profesi – Palang Merah Indonesia periode tahun 2021 – 2025 menjadi pedoman bagi seluruh komponen LSP-PMI untuk dilaksanakan dan menjadi arah tujuan lembaga sertifikasi terdepan.

Ketua LSP-PMI,

Drs. Goenawan Permadi, MA

  • LATAR BELAKANG
  • VISI & MISI
  • TUJUAN
  • KEGIATAN KUNCI & TARGET KINERJA
  • OKUPASI

Kegiatan kemanusiaan di Indonesia menjadi bidang yang saat ini semua pihak dapat lakukan sebagai instansi, organisasi, lembaga masyarakat, perorangan, komunitas ataupun personal yang menaruh perhatian atas situasi/kondisi seseorang atau masyarakat yang memerlukan bantuan atas kejadian yang menimpanya. Pada umumnya kegiatan kemanusiaan terkait dengan kejadian yang menimpa dikarenakan bencana yang disebabkan alam. Terbitnya Undang-Undang Tentang Penanggulangan Bencana pada tahun 2014 menandakan keseriusan Pemerintah melindungi warga negara atas kejadian bencana yang terjadi.

Wadah organisasi yang menangani bidang bencana, kesehatan dan lainnya guna membantu sesama manusia semakin banyak. Oleh karenanya perlu standard kompetensi pelaksana pelayanan kemanusiaan yang menjadi acuan bersama seluruh pihak. Sumber Daya Manusia yang terlatih dan kompeten menjamin pemberian pelayanan kemanusiaan adalah yang terbaik, bermartabat dan memberdayakan.

Sertifikasi bidang layanan kemanusiaan bagi seluruh penggiat kemanusiaan di Indonesia sangatlah penting, menjamin standard kompetensi yang dimiliki individu-individu dapat dipertanggungjawabkan dan berkualitas terbaik.

VISI : Sumber Daya Manusia (SDM) yang UNGGUL, KOMP ETEN, BERKARAKTER dalam layanan kemanusiaan mengacu pada prinsip-prinsip dasar Kepalangmerahan dan Core Humanitarian Standard

MISI :

  1. Mengembangkan standard kompetensi yang berkualitas dan realibel.
  2. Mengadakan uji kompetensi bagi SDM PMI dan penggiat kemanusiaan lainnya.
  3. Mengembangkan standard kompetensi mengacu pada prinsip-prinsip kemanusiaan internasional.

Fokus LSP-PMI adalah pengembangan sumber daya manusia yang kompeten dalam logo LSP-PMI. Untuk tujuan tersebut dan guna mencapai misi-misi organisasi, LSP-PMI menetapkan beberapa rencana strategis dalam dokumen Rencana Strategis Tahun 2021 – 2025 yaitu:

  1. Terjalinnya jejaring komunikasi, koordinasi dan advokasi internal institusi dan penggiat kemanusiaan di dalam dan luar negeri.
  2. Tersedianya sistem informasi berbasis teknologi terpadu menjamin proses sertifikasi secara transparan dan terjangkau setiap individu.
  3. Tersusunnya skema sertifikasi sesuai kebutuhan dan kompetensi yang dibutuhkan dalam layanan kemanusiaan.
  4. Terlaksananya program sertifikasi berbasis uji kompetensi secara tatap muka dan daring yang obyektif dan transparan.
  5. Terwujudnya akuntabilitas perangkat sertifikasi dan terpelihara validitas dan transparan melalui proses dan pelaksanana evaluasi dan manajamen mutu.
  6. Terlaksananya sistem administrasi, keuangan dan manajemen sumber daya manusia LSP-PMI.

Tujuan strategis perlu dicapai dan diukur secara obyektif, maka perlu diturunakan secara teknis ke dalam kegiatan-kegiatan kunci untuk dapat diukur keberhasilan dan hambatan dalam pelaksanaan program. Berikut adalah kegiatan kunci untuk mencapai tujuan strategis :

NO KEGIATAN KUNCI TAHUN 2021-2025 TARGET KINERJA
1 Konsolidasi, komunikasi dengan PMI Pusat, BNSP, serta pemangku kepentingan lain 100%
2 Pertemuan koordinasi internal LSP-PMI, LSP Cabang dan Tempat Uji Kompetensi (TUK) 100%
3 Pengembangan database dan promosi sertifikasi menggunakan web LSP-PMI 100%
4 Pelaksanaan pelatihan, lokakarya untuk meningkatkan kompetensi SDM LSP-PMI internal, asesor, pelaksana TUK di daerah 100%
5 Penyediaan sarana prasarana pelaksanaan uji kompetensi yang memadai dan terstandard di seluruh wilayah Indonesia 100%
6 Pelaksanaan uji kompetensi menggunakan web 100%
7 Pelaksanaan monitoring dan evaluasi perangkat skema sertifikasi dan uji kompetensi menggunakan system manajemen mutu yang terjaga validitasnya 100%
8 Mengembangkan skema-skema sertifikasi baru yang muncul atas kebutuhan pada layanan kemanusiaan 100%
9 Pengadaan staf internal LSP-PMI, perangkat kantor, alat peraga dan sarana fasilitas mendukung pelaksanaan uji kompetensi 100%

 

NO SEKTOR OKUPASI
1 1 Penanggulangan Bencana : Penanganan Darurat Manajer Madya Penanganan Darurat Bencana dan Krisis kesehatan
2 2 Manajer Pratama Penanganan Darurat Bencana dan Krisis kesehatan
3 3 Koordinator Utama Pengkajian Cepat Dampak Bencana dan Krisis kesehatan
4 4 Pelaksana Utama Pengkajian Cepat Dampak Bencana dan Krisis kesehatan
5 5 Koordinator Utama Pencarian, Pertolongan Dan Evakuasi
6 6 Pelaksana Utama Pencarian, Pertolongan Dan Evakuasi
7 7 Manajer Madya Menejemen Hunian Darurat/Shelter
8 8 Koordinator Utama Menejemen Hunian Darurat/Shelter
9 9 Koordinator Utama Pendistribusian Bantuan
10 10 Manajer Pratama Pendistribusian Bantuan
11 1 Penanggulangan Bencana : Pengurangan Risiko Bencana Supervisor Utama Pengkajian Risiko Bencana dan Krisis Kesehatan Berbasis Masyarakat
12 2 Ahli Pratama Pengkajian Risiko Bencana dan Krisis Kesehatan Berbasis Masyarakat
13
3 Pelaksana Utama Pengkajian Risiko Bencana dan Krisis Kesehatan Berbasis Masyarakat
14
4 Supervisor Utama Perencanaan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana dan Krisis Kesehatan Berbasis Masyarakat
15
5 Ahli Pratama Perencanaan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana dan Krisis Kesehatan Berbasis Masyarakat
16
6 Pelaksana Utama Perencanaan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana dan Krisis Kesehatan Berbasis Masyarakat
17
7 Ahli Pratama Promosi Pengurangan Risiko Bencana dan Pengelolaan Risiko Terpadu
18
8 Supervisor Utama Promosi Promosi Pengurangan Risiko Bencana dan Pengelolaan Risiko Terpadu
19
9 Pelaksana Utama Promosi Promosi Pengurangan Risiko Bencana dan Pengelolaan Risiko Terpadu
20
10 Manajer Pratama Pemberdayaan Masyarakat Tangguh Bencana dan Krisis Kesehatan
21
11 Koordinator Utama Pemberdayaan Masyarakat Tangguh Bencana dan Krisis Kesehatan
22
12 Pelaksana Utama Pemberdayaan Masyarakat Tangguh Bencana dan Krisis Kesehatan
23
13 Manajer Pratama Pemberdayaan Satuan Pendidikan Aman Bencana
24
14 Koordinator Utama Pemberdayaan Satuan Pendidikan Aman Bencana
25
15 Pelaksana Utama Pemberdayaan Satuan Pendidikan Aman Bencana
26
1 Krisis Kesehatan Koordinator Utama Promosi Kesehatan
27
2 Pelaksana Utama Promosi Kesehatan
28
3 Koordinator Utama Pertolongan Pertama
29
4 Pelaksana Utama Pertolongan Pertama
30
5 Koordinator Utama Pelayanan Ambulans
31
6 Pelaksana Utama Pelayanan Ambulans
32
7 Supervisor Utama K3 Layanan Kemanusiaan
33
8 Pelaksana Utama K3 Layanan Kemanusiaan
34
9 Koordinator Utama Dukungan Psikososial
35
10 Pelaksana Utama Dukungan Psikososial
 
36
1 Pelayanan Darah Ahli Madya Pengelolaan Darah
37
2 Supervisor Pratama Rekruitmen Donor
38
3 Teknisi Pratama Distribusi Darah
39
4 Teknisi Pratama Pemeriksaan Pra Transfusi Darah
40
5 Teknisi Pratama Pengambilan darah
41
6 Teknisi Pratama Pengolahan Darah
42
7 Teknisi Pratama Pengendalian Mutu
43
8
Teknisi Pratama Pengujian darah
 
44
1
Standarisasi, Pelatihan Kerja dan Sertifikasi Junior Trainer
45
2
Trainer
46
3
Senior Trainer
47
4
Master Trainer

 

TENTANG LSP PMI

SKEMA SERTIFIKASI

TEMPAT UJI KOMPETENSI (TUK) LSP PMI SE-INDONESIA

  • TUK LSP PMI JATINANGOR

    Alamat :
  • TUK LSP PMI SEMARANG

    Alamat :
  • TUK LSP PMI PADANG

    Alamat :
  • TUK LSP PMI SUMATERA BARAT

    Alamat :
  • TUK LSP PMI SOLO

    Alamat :
  • TUK LSP PMI KEBUMEN

    Alamat :
  • TUK LSP PMI WONOGIRI

    Alamat :
  • TUK LSP PMI MAKASAR

    Alamat :

ASESOR LSP PMI SE-INDONESIA

No Nama No. Reg.
1 Hidayatul Irwan Reg. MET.000.002424 2017
2 Mesdiono Reg. MET.000.002431 2017
3 Surya Chandra Reg. MET.000.000071 2018
4 Budi Suharjo Reg. MET.000.002425 2017
5 Antoni Kartika Reg. MET.000.000064 2018
6 Rina Utami Reg. MET.000.003466 2013
7 Miftahul Huda Reg. MET.000.000070 2018
8 Arifin Muh. Hadi Reg. MET.000.002143 2013
9 Totok Ari Setyanto Reg. MET.000.000059 2018
10 Budi Nugroho Reg. MET.000.005449 2017
11 Faikotun Hikmah Reg. MET.000.001419 2015
12 Jazirotul Izzah Reg. MET.000.003061 2018
13 Arif Setyohadi Reg. MET.000.000066 2018
14 Isnandar Muda Lubis Reg. MET.000.000061 2018
15 Mahfud Reg. MET.000.000067 2018
16 Ade Hergalia Reg. MET.000.005439 2017
17 Tri Wuryanto Reg. MET.000.000073 2018
18 Warjo Reg. MET.000.000060 2018
19 Budi Purwanto Reg. MET.000.000072 2018
20 Dwi Hariyadi Reg. MET.000.002426 2017
21 Abd. Gafur Reg. MET.000.002429 2017
22 Denok Rahayu Reg. MET.000.002439 2017
23 Nur Salam Reg. MET.000.002430 2017
24 Exkuwin Suharyanto Reg. MET.000.003465 2013
25 Teguh Wibowo Reg. MET.000.003848 2021
26 Lala Jalaludin Reg. MET.000.003849 2021
27 Ahmad Zaki Ali Reg. MET.000.003850 2021
28 Achmad Syarif Sady Reg. MET.000.003851 2021
29 Parmin Reg. MET.000.003852 2021
30 Slamet Haryanto Reg. MET.000.003853 2021
No Nama No. Reg.
31 Atep Maulana Reg. MET.000.003854 2021
32 Rr. Ester Murtiningsih Reg. MET.000.003855 2021
33 Sri Mahanani Budi Utomo Reg. MET.000.003856 2021
34 Hery Fimansyah Reg. MET.000.003857 2021
35 Mukhsinun Reg. MET.000.003858 2021
36 Ahmad Rois Reg. MET.000.003859 2021
37 Faizal Burhanuddin Reg. MET.000.003860 2021
38 Raden Endro Teguh Kusumo Reg. MET.000.003861 2021
39 Yana Maulana Reg. MET.000.003862 2021
40 Awaluddin Reg. MET.000.003863 2021
41 Sumiyanto Reg. MET.000.003864 2021
42 Andris Rufianto Putro Reg. MET.000.003865 2021
43 Sri Jatmiko Reg. MET.000.003866 2021
44 Zulhendri Reg. MET.000.003867 2021
45 Imam Triyanto Reg. MET.000.000931 2016
46 Syamsul Rizal MI Reg. MET.000.003833 2021
47 Kunti Dewi Reg. MET.000.003834 2021
48 Fahrur Reg. MET.000.003835 2021
49 Kornelia Reg. MET.000.003836 2021
50 Syamsul Bahri Reg. MET.000.003837 2021
51 Vivi Wirma Linda Reg. MET.000.003838 2021
52 HM Khudri Arsyad Reg. MET.000.003839 2021
53 Dahlia Ayu Pri Irani Reg. MET.000.003840 2021
54 Amirul Yasin Reg. MET.000.003841 2021
55 Frieda Nuzulia RH Reg. MET.000.003842 2021
56 Panji Ardhanarespati Reg. MET.000.003843 2021
57 Kaeksiningsih Reg. MET.000.003844 2021
58 Ezzedin Reg. MET.000.003845 2021
59 Roy Syaifudin Reg. MET.000.003846 2021

PERTANYAAN YANG SERING DIAJUKAN (FREQUENTLY ASKED QUESTIONS )

A. SERTIFIKASI PROFESI

Apa itu Sertifikasi Profesi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Graphics Design

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Digital Marketing

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

B. ASESOR

Apa itu Sertifikasi Profesi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Graphics Design

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Digital Marketing

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

C. SKEMA

Apa itu Sertifikasi Profesi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Graphics Design

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Digital Marketing

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.